Keutamaan Sholat Sunnah Wudhu


Sahabat Bernama Bilal Rabah adalah sahabat yang sangat terkenal dan familier. Dia memiliki suara yang merdu, karenanya dia dipercaya Rasul untuk mengumandangkan adzan jelang shalat fardhu.

Bilal bin Rabah radhiyallahu ‘anhu adalah salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengabarkan bahwa suara sandal Bilal terdengar di surga, padahal waktu itu Bilal masih hidup di dunia.

Apa amal istimewa Bilal hingga mendapat jaminan masuk surga seperti itu? Rasulullah sendiri yang langsung menanyakan pada muadzin mulia ini.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan dialog Rasulullah dengan Bilal.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepada Bilal, “Hai Bilal, katakanlah amal yang sangat kau pentingkan selama memeluk Islam karena aku mendengar bunyi sandalmu di hadapanku di surga.”

Bilal menjawab, “Tidak ada satu pun amal yang lebih saya utamakan daripada mengerjakan wudhu baik ketika malam maupun siang. Kemudian saya mengerjakan sholat setelah wudhu semampu saya.” (HR. Bukhari)

Inilah amal rahasia Bilal, yakni menjaga wudhu. Setiap kali wudhunya batal, Bilal buru-buru mengambil wudhu dan kemudian mengerjakan sholat ba’dal wudhu. Rupanya menjaga wudhu dan sholat ba’dal wudhu ini sangat dicintai Allah hingga Bilal pun mendapat jaminan masuk surga.

Para ulama menjadikan hadits ini sebagai dalil salah satu keutamaan wudhu. Sekaligus menjadikannya dalil bahwa wudhu setiap kali batal hukumnya sunnah.

Demikian pula shalat ba’dal wudhu juga merupakan salah satu sholat sunnah. Termasuk sholat bil munasabah.

Keutamaan Wudhu Lainnya

Wudhu juga memiliki sejumlah keutamaan lain yang luar biasa. Di antara keutamaan wudhu adalah:

Pertama; Membersihkan dosa

Dari Abdullah Ash Shunabahi radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang hamba berwudhu lalu berkumur-kumur, maka keluarlah dosa-dosa dari mulutnya. Ketika ia membersihkan hidung maka dosa-dosanya akan keluar dari hidungnya. Ketika ia membasuh muka maka dosa-dosanya akan keluar dari wajahnya hingga di bawah kelopak matanya.

Ketika ia membasuh kedua tangan maka dosanya akan keluar hingga dari bawah kukunya. Ketika ia ia menyapu kepalanya maka dosanya akan keluar dari kepala bahkan dari kedua telinganya. Ketika ia membasuh kedua kakinya maka dosanya akan keluar hingga dari bawah kuku jari-jari kakinya. Kemudian perjalanannya menuju masjid dan shalatnya menjadi pahala yang bersih baginya.” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah)

Kedua;  Mengangkat derajat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah aku tunjukkan padamu hal-hal yang Allah akan menghapuskan dosamu serta mengangkat derajatmu?” Para sahabat menjawab, “Mau ya Rasulullah.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Menyempurnakan wudhu ketika menghadapi kesusahan, memperbanyak langkah menuju masjid, serta menunggu shalat demi shalat. Inilah yang dinamakan ribath. Inilah yang dinamakan ribath. Inilah yang dinamakan ribath.” (HR. Muslim)

Keiga; Wajah dan anggota wudhunya bercahaya

“Sesungguhnya umatku akan datang pada hari kiamat nanti dengan wajah dan anggota badan bersinar karena bekas air wudhu. Maka barangsiapa yang bisa memanjangkan cahayanya, hendaklah ia melakukanya.” (HR. Muslim)

Demikian amal rahasia Bilal yang memasukkannya ke surga. Dan demikianlah keutamaan wudhu yang luar biasa.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon