Kegiatan Manasik Haji & Umroh 11 November 2017M PT. AROFAHMINA bersama Al-Ustadz Musthofa Achmad Baradja


Ustadz Musthofa Achmad Baradja Memberikan Penjelasan Manasik Umroh Kepada Para Calon Tamu ALLAH di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Suasana Manasik Umroh Yang Di Selenggarakan Oleh PT. Arofahmina, Surabaya.

Suasana Manasik Umroh Yang Di Selenggarakan Oleh PT. Arofahmina, Surabaya.

Suasana Manasik Umroh Yang Di Selenggarakan Oleh PT. Arofahmina, Surabaya.

Para Asatidz / Pembimbing Jama'ah Umroh PT.Arofahmina, Surabaya.


TIM LPI AU_AUB

Foto Bersama Para Ulama, 2 Safar 1439H - Oktober 2017M

 Mudir LPI, Al-Ustadz Musthofa bin Achmad bin Umar Baradja berfoto bersama Guru Beliau Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz (Mudir Darul-Mustafa, Tarim, Hadramaut, Yaman).

Foto Kenangan Ustadz Musthofa bin Achmad bin Umar Baradja Bersama Ulama' Jeddah Al-Habib Attas bin Muhammad bin Salim bin Hafidz dan Juga bersama Guru ternama di Indonesia As-Sayyid Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan.



TIM LPI AU_AUB         

Mengapa Surat Al-Fatihah Di Taruh di Awal Al-Quran?


Pertanyaan: Ustadz Mengapa Surat Al-Fatihah Di Taruh di Awal Al-Qur'an? Padahal Surat Yang Pertama Kali Turun Adalah Surat Al-Alaq? Terima Kasih. ( Penanya : AISYAH A )

Jawaban
       Terima Kasih Atas Pertanyaannya. Kenapa surat Alquran dimulai dengan surat Al-Fatihah? Pasti banyak orang yang akan mempertanyakan hal tersebut, padahal Al-Fatihah bukanlah surat yang pertama diturunkan oleh ALLAH SWT untuk NABI MUHAMMAD SHOLLAHU ALAIHI WASSALAM.
       Tentu saja hal ini membuat bingung orang-orang, kenapa Alquran tidak disusun berdasarkan urutan ia diturunkan?
Apa alasan alasan Al-Fatihah dipilih menjadi pembuka untuk Alquran? Kenapa bukan surat Al-Alaq yang pertama turun ayatnya?
       Secara umum mengenai penempatan surat Al-Qur'an para Ulama' terbagi menjadi dua: 
1. Ijtihadi
Penyusunan Alquran secara ijtihadi yaitu berarti penyusunan Alquran yang didasari usaha berpikir para sahabat, dimana hal itu termasuk Utsman dan yang lain-lain.
Bukti dari ini adalah karena pada jaman dahulu beberapa mushaf memiliki urutan yang jauh berbeda dengan Alquran yang kita kenal saat ini, Misalnya Mushaf Ali yang disusun berdasarkan urutan penurunan ayat (Asbabun Nuzul).
Mayoritas Ulama' berpendapat bahwa tata urutan Surat-surat Al-Qur'an adalah bersifat Ijtihadi. 

2. Tauqifi
Penyusunan Alquran secara Tauqifi adalah yang kedua, dimana penyusunan ini menurut petunjuk langsung dari RASULULLAH SHOLLAHU ALAIHI WASSALAM, dan tidak ada sangkut pautnya dengan pemikiran dari pada sahabat.

       Mengacu kepada pendapat kedua, penempatan Surat Al-Fatihah menjadi surat pertama adalah atas petunjuk Nabi, Namun peletakan Surat Al-Fatihah menjadi pembuka sangat masuk akal karena hal itu sesuai dengan arti nama surat Al-Fatihah sendiri yaitu pembuka, jadi itu dia alasan mengapa Surat pertama dalam Al-Qur'an adalah Al-Fatihah.

Wallahu A'alam Bis Showab...
Musthofa Achmad Baradja, Lc