Keutamaan Tanggal 10 Muharram, Hari Aasyura.

         Segala puji bagi ALLAH yang Maha Rahmat seluruh alam, Shalawat dan Salam semoga tercurahkan kepada Nabi dan Rasul mulia, Nabi kita Muhammad Shollau Alaihi Wasallam, keluarga, dan Serta para sahabatnya. Amma Ba’du:
       Diantara nikmat Allah Ta’ala yang diberikan atas hamba-hamba-Nya, adalah perguliran musim-musim kebaikan yang datang silih berganti, mengikuti gerak perputaran hari dan bulan. Supaya Allah Ta’ala mencukupkan ganjaran atas amal-amal mereka, serta menambahkan limpahan karunia-Nya.
       Dan tidaklah musim Haji yang diberkahi itu berlalu, melainkan datang sesudahnya bulan yang mulia, yakni bulan Muharam. Yang Mana In Sha ALLAH Besok Hari Senin dan Lusa Hari Selasa Tanggal 10 dan 11 Oktober 2016M Bertepatan Dengan Tanggal 9 & 10 Muharram. Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab shahihnya dari Abu Hurairah  Radiyallahu ‘anhu, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فضل الصيام بعد شهر رمضان شهر الله الذي تدعونه المحرم، وأفضل الصلاة بعد الفريضة قيام الليل . رواه مسلم في صحيحه

Puasa yang paling utama setelah puasa bulan ramadhan adalah puasa pada bulan Allah yang kalian sebut bulan  Muharram, dan Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam 
(HR.Muslim)

              Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menamai bulan muharam dengan bulan Allah, ini menunjukan akan kemuliaan dan keutamaannya. Sesungguhnya Allah Ta’ala mengkhususkan sebagian makhluk-Nya terhadap sebagian yang lainnya, serta mengutamakannya dari sebagian yang lainnya.

Imam Hasan al-Bashri rahimahullahu Ta’ala berkata:
إن الله افتتح السنة بشهر حرام واختتمها بشهر حرام، فليس شهر في السنة بعد شهر رمضان أعظم عند الله من شده تحريمه

Sesungguhnya Allah Ta’ala membuka tahun dengan bulan haram dan mengakhirinya dengan bulan haram, dan tidak ada bulan dalam setahun yang lebih mulia disisi Allah melebihi bulan ramadhan, karena sangat haramnya bulan tersebut.


KEUTAMAAN HARI ASYURA DAN BERPUASA PADA HARI ITU
       Banyak hadits-hadits shahih yang bersumber dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mengenai keutamaan hari ‘asyura serta anjuran berpuasa padanya, kami akan sebutkan beberapa contoh, diantaranya sebagai berikut:
في الصحيحين عن ابن عباس رضي الله عنه أنه سئل عن يوم عاشوراء فقال: ما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يوماً يتحرى فضله على الأيام إلا هذا اليوم يعني يوم عاشوراء وهذا الشهر يعني رمضان . 
Dalam Shahihain dari Ibnu Abas radiyallahu ‘anhuma, bahwasanya beliau pernah ditanya tentang hari ‘asyura, maka beliau menjawab: Aku tidak pernah melihat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam begitu menjaga keutamaan satu hari diatas hari-hari lainnya, melebihi hari ini (maksudnya, hari ‘asyura) dan bulan yang ini  (maksudnya, bulan ramadhan).

       Sebagaimana telah kami sebutkan diatas, bahwa hari ‘asyura memiliki keutamaan yang agung serta kehormatan sejak dahulu. Nabi Musa ‘alaihis sholatu was salaam berpuasa pada hari itu dikarenakan keutamaannya. Bahkan Ahlul Kitabpun melakukan puasa pada hari itu, demikian pula kaum Quraisy pada masa jahiliyah mereka berpuasa padanya.
       Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam tatkala berada di Makkah Beliau berpuasa pada hari ‘asyura, namun tidak memerintahkan manusia. Ketika tiba di Madinah kemudian menyaksikan Ahlul kitab berpuasa serta memuliakan hari tersebut, dan Beliau senang untuk mengikuti mereka terhadap apa-apa yang tidak diperintahkan dengannya, maka Beliaupun berpuasa dan memerintahkan manusia untuk berpuasa. Setelah itu Beliau pertegas perintah tersebut, serta memberi anjuran dan dorongan atasnya, hingga anak-anakpun diajak ikut berpuasa. Diriwayatkan dalam shahihain, dari Ibnu Abas radiyallahu ‘anhuma berkata: 

 قدم رسول الله صلى الله عليه وسلم المدينة فوجد اليهود صياماً يوم عاشوراء، فقال لهم رسول الله صلى الله عليه وسلم -: ( ما هذا اليوم الذي تصومونه ) قالوا: ( هذا يوم عظيم أنجى الله فيه موسى وقومه، وأغرق فرعون وقومه، فصامه موسى شكراً لله فنحن نصومه )، فقال صلى الله عليه وسلم  ( فنحن أحق وأولى بموسى منكم ) فصامه رسول الله صلى الله عليه وسلم وأمر بصيامه . 

      Ketika Rasulullah  shalallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, Beliau mendapati orang-orang yahudi berpuasa pada hari ‘asyura. Maka Beliau bertanya kepada mereka, Hari apa ini hingga kalian berpuasa?  Mereka menjawab: Ini adalah hari yang mulia dimana Allah menyelamatkan Nabi Musa dan kaumnya, serta menenggelamkan fir’aun beserta bala tentaranya. Maka sebagai ungkapan rasa 
syukur terhadap Allah, Nabi Musa berpuasa pada hari ini, dan kamipun ikut berpuasa .
Beliau lalu bersabda: sungguh kami lebih berhak dan lebih utama (untuk mengikuti Musa) dari pada kalian. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam  kemudian berpuasa dan memerintahkan untuk 
berpuasa pada hari itu.

Ikhwani dan Ikhwati Yang Berbahagia….
               Pada akhir hayatnya Nabi Shollahu Alaihi Wasallam Bertekad Untuk Tidak Berpuasa Pada Hari Asyura’ Saja , Tetapi Menambahkannya Dengan Puasa Sehari Lagi, Agar Membedakan Puasanya Ahli Kitab dan Kaum Muslimin. Dalam Shahih Muslim dari Ibnu Abbas Radhiallahu Anhuma, 
Rasulullah SAW Bersabda: 
حين صام رسول الله  صلّى الله عليه وسلّم  عاشوراء وأمر بصيامه، قالوا: يا رسول الله إنّه يوم تعظمه اليهود والنصارى. فقال  صلّى الله عليه وسلّم : فإذا كان العام المقبل إن شاء الله صمنا التّاسع أي مع العاشر مخالفةً لأهل الكتاب،  قال: فلم يأت العام المقبل حتّى توفي رسول الله  صلّى الله عليه وسلّم.
Ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam  berpuasa ‘asyura dan menganjurkan para sahabatnya untuk berpuasa, mereka berkata: Wahai Rasulullah sesungguhnya ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani, Maka beliau bersabda: Kalau begitu tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa (pula) pada hari kesembilan (tasu’a). (yakni, bersamaan dengan puasa ‘asyura, untuk menyelisihi Ahli kitab). Ibnu Abas berkata: belum sampai tahun berikutnya, Rasulullah  shalallahu ‘alaihi wa sallam  telah wafat.

Imam Ibnul Qoyyim  rahimahullahu Ta’ala berkata dalam kitabnya, Zaadu al-Ma’aad  (II/76):
مراتب الصوم ثلاثة: أكملها أن يصام قبله يوم وبعده يوم، ويلي ذلك أن يصام التاسع والعاشر، وعليه أكثر الأحاديث، ويلي ذلك إفراد العاشر وحده بالصوم .والأحوط أن يصام التاسع والعاشر والحادي عشر حتى يدرك صيام يوم عاشوراء 

Tingkatan puasa pada bulan muharam ada tiga: Tingkatan paling sempurna, yaitu berpuasa pada hari ‘asyura ditambah puasa sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya. Tingkatan setelahnya,adalah berpuasa pada hari kesembilan (taasu’a)  dan kesepuluh (‘asyura), sebagai mana yang diterangkan dalam banyak hadits. Kemudian tingkatan terakhir adalah berpuasa pada hari kesepuluh (‘asyura) saja.
 Namun untuk lebih berhati-hati, lebih utama berpuasa pada hari kesembilan, kesepuluh dan kesebelas, hingga bisa mendapatkan  (keutamaan) puasa hari ‘asyura tersebut..

Musthofa Achmad Baradja, Lc



EmoticonEmoticon